Bagaimana Mengelola Informasi Digital Perusahaan?

Mengalami masalah dalam pengelolaan data informasi yang kelewat besar? Bingung bagaimana melindungi data digital perusahaan secara efektif? Symantec sebagai perusahaan global dalam bidang penyediaan solusi keamanan, backup dan ketersediaan informasi, memberikan beberapa rekomendasi yang bisa menjadi acuan anda. Inilah Cara Aman Kelola Informasi Digital Perusahaan seperti ditulis portal vivanews.

Cara Aman Kelola Informasi Digital Perusahaan

Perusahaan apapun pasti akan berhadapan dengan jumlah data informasi yang sangat besar. Jumlah total informasi yang disimpan saat ini oleh perusahaan-perusahaan di dunia mencapai 2,2 zettabytes.

Untuk perusahaan besar, rata-rata memiliki 100.000 terrabyte data. Sementara perusahaan kecil seperti UKM rata-rata memiliki 563 terrabyte data.

Selain itu, rata-rata perusahaan besar di dunia menghabiskan US$38 juta per tahun untuk mengelola data informasi digital, sedangkan UKM menghabiskan biaya sekitar US$332.000.

Data-data tersebut berasal dari State of Information Survey 2012, yang dirilis pertama kalinya oleh Symantec Corp, pada 19 September 2012. Data tersebut juga mengumumkan bahwa data informasi yang membebani dunia bisnis tercatat sebesar US$1,1 triliun di seluruh dunia tiap tahun.

Untuk membantu perusahaan-perusahaan melindungi data informasi digitalnya secara efektif, Symantec sebagai perusahaan global dalam bidang penyediaan solusi keamanan, backup dan ketersediaan informasi, memberikan beberapa rekomendasi:

1. Fokus pada informasi, bukan pada perangkat atau pusat data. Dengan tren BYOD (bring your own device), informasi tidak lagi terkungkung dalam dinding perusahaan. Perlindungan harus fokus pada informasi, bukan pada perangkat data.

2. Tidak semua informasi sama. Perusahaan harus bisa memisahkan data yang tidak berguna dari informasi bisnis yang berharga dan mengamankannya dengan semestinya.

3. Efisien. Deduplikasi dan pengarsipan membantu perusahaan untuk melindungi lebih banyak data.

4. Konsisten. Penting sekali menyusun kebijakan-kebijakan yang konsisten untuk data informasi, baik di lingkungan fisik, virtual dan awan.

5. Fleksibel. Rencanakan kebutuhan informasi masa depan dengan mengimplementasikan infrastruktur yang fleksibel untuk mendukung pertumbuhan data informasi.

Sumber tulisan. http://news.viva.co.id/news/read/352800-cara-aman-kelola-informasi-digital-perusahaan

Tentang saepudin

Anda boleh mempublikasikan kembali tulisan di atas pada website atau blog dengan catatan : 1. Anda harus mencantumkan sumber tulisan dengan link aktif menuju https://saepudinonline.wordpress.com 2. Anda tidak mengubah baik sebagian atau pun keseluruhan tulisan TERMASUK SEMUA LINK YANG ADA DI DALAM ARTIKEL harus tetap ada dan aktif. Mari kita saling menghargai sebuah karya... Terima kasih atas kunjungannya. Mohon beri komentar atau saran untuk menyempurnakan website ini. Salam sukses selalu..
Pos ini dipublikasikan di Hukum Media, Mengelola Media Digital Perusahaan dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s