Bagaimana Membuka Usaha Media Cetak..?

Saya ingin membuka usaha media cetak berbadan hukum PT di bidang sport (bilyar & futsal), sebelumnya saya mempunyai usaha di bidang supply alat” bilyar selama 1 tahun.

Kira-kira, untuk pasar di jaman sekarang apakah masih terbuka lebar melihat prospek di bisnis ini sangat jarang sekali bahkan belum ada yg “menjamah” sama sekali.

Pertanyaan saya:

  1. Badan usaha apa yang cocok?
  2. Divisi apa saja yg dibutuhkan?
  3. Strategi marketing apa yg cocok?
  4. Bagaimanakah cara pendistribusian agar omzet bisa mencapai target?
  5. Syarat apa saja yg dibutuhkan untuk membuka perusahaan pertama kali?

Terimakasih atas jawabannya,
Nama : Henry
Email : mestoko.henry@gmail.com

Jawaban:

Pak Henry , saya salut akan naluri bisnis anda yang ingin melakukan ekspansi vertikal. Kelihatannya bapak melihat bahwa bisnis bilyard dan futsal di daerah bapak , dapat memberikan pundit-pundi tambahan dan juga mendukung bisnis utama bapak. Di Jakarta sendiri bisnis ini sudah menjamur sehingga persaingannya cukup ketat.

1. Badan usaha apa yang cocok ?

Untuk usaha yang modal awalnya tidak terlalu besar, family business,  ingin pembagian laba yang fleksibel, tidak ribet, tidak ikut tender dan belum ingin pinjam uang dari bank  maka CV ádalah pilihan yang tepat. Namur bapak kiranya perlu berhati-hati juga karena  kekayaan bapak tidak terpisahkan dari kekayaan CV. Jika bapak adalah  Direktur aktif, jika terjadi kerugian maka bapak akan bertanggung jawab secara penuh dengan seluruh harta pribadi bapak untuk mengganti kerugian.

2. Divisi apa saja yg dibutuhkan?

Pada saat memulai bisnis, maka mulailah dengan yang paling sederhana dulu. Cukup divisi pelayanan konsumen yang merangkap sebagai marketing, divisi akunting dan divisi maintenance alat. Orangnya juga dapat dirangkap untuk menghemat biaya, karena di saat awal, fleksibilitas sangat diperlukan.

3. Strategi marketing apa yg cocok?

Strategi marketing yang terbaik selalu dimulai dari pertanyaan: ”kelebihan apa yang saya punyai dibanding kompetitor? ”dan ”sebenarnya apa sih yang didinginkan pembeli ?”. Melihat pernyataan bapak bahwa ”belum ada  yg “menjamah” sama sekali” , berarti belum banyak pesaing di daerah bapak. Karenanya bapak sungguh beruntung, sebab calon pengguna belum bisa membanding-bandingkan dengan yang lain. Namun karena masih ”baru” ada baiknya dilakukan kampanye yang bisa menimbulkan ”awareness” bagi calon pelanggan. Konsep yang paling murah meriah adalah : ciptakan kegemparan agar terjadi promosi mulut ke mulut. Misalnya memberikan gratis pemakaian kepada teman dan lingkungan rumah, lalu berlanjut ke lomba futsal berhadiah ke sekolah atau pertandingan antar institusi .

4. Bagaimanakah cara pendistribusian agar omzet bisa mencapai target?

Secara umum, target yang diinginkan dapat dicapai jika memperhatikan hal-hal berikut ini: 1. didukung oleh kompetensi pegawai 2. didukung oleh pemimpin yang mau beradaptasi, 3. tidak ada perubahan sosial ekonomi dan trend  4. eksekusi strategi yang benar dan 5. adanya synergy dan commitment mulai dari pucuk pimpinan tertinggi sampai level eksekusi. Nah, cara pendistribusian dapat diturunan dari ke 5 hal-hal tersebut.

5. Syarat apa saja yg dibutuhkan untuk membuka perusahaan pertama kali?

Ada 2 syarat yang harus diperhatikan: Pertama Syarat teknikal seperti: adanya badan usaha, business plan, action plan dll. Namun jangan lupakan juga Syarat human-social side yakni: harus punya mimpi yang tertulis, mampu membangkitkan semangat anakbuah untuk mencapai goals yang diinginkan , semangat pantang menyerah dan bersedia menerima resiko terburuk ( calculated risk ) .

Selamat berjuang pak Henry. Anda pasti bisa …

Regards
Daniel Hadinata Saputro

Sumber Artikel: swa.co.id

Tentang saepudin

Anda boleh mempublikasikan kembali tulisan di atas pada website atau blog dengan catatan : 1. Anda harus mencantumkan sumber tulisan dengan link aktif menuju https://saepudinonline.wordpress.com 2. Anda tidak mengubah baik sebagian atau pun keseluruhan tulisan TERMASUK SEMUA LINK YANG ADA DI DALAM ARTIKEL harus tetap ada dan aktif. Mari kita saling menghargai sebuah karya... Terima kasih atas kunjungannya. Mohon beri komentar atau saran untuk menyempurnakan website ini. Salam sukses selalu..
Pos ini dipublikasikan di Hukum Media, Media dan Pers dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s