5 Strategi Pengembangan Bisnis | Untuk Semua Type Bisnis

By. Chandra Kurniawan

Pertumbuhan tidak selalu berdampak pada profitabilitas. Aspek yang terpenting dalam kesuksesan semua type bisnis adalahmengarahkan effort yang untuk menghasilkan profit yang maksimal. Keunikan dan karakter produk yang membuat kesuksesanorganisasi di tempat pertama, hal tersebut yang membedakan dengan yang lain. Akademisi dan pengajar bisnis mengacu padakompetensi inti dari suatu perusahaan. Untuk mengidentifikasi kompetensi dasar dari perusahaan, sangat perlu untuk memfokuskankembali bisnis anda.

Seiring bertambahnya waktu, perusahaan kecil pun dapat kehilangan fokusnya, dimulai dari penawaran yang diberikanterlalu banyak produk atau jasa dan terlalu banyak diverensasi pasar dengan point harga yang berbeda. Manajemen tidak bisamelakukan pemantauan satu per satu terhadap produk yang ditawarkan. Pelanggan kehilangan ketertarikan dan margin perlahanmenurun. Profitabilitas menurun.

Jika perusahaan anda seperti itu maka sudah waktunya untuk kembali focus ke kompetensi bisnis inti dari perusahaan.Melakukan spesialisasi pada sesuatu yang bisa dilakukan dengan yang terbaik. Saat manajemen perusahaan focus padapertumbuhan, bisnis didorong oleh spesialisasi.

Saat pengusaha menemukan titik kebingungan mereka memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai industry mereka,mereka telah menetapkan target pasar, dan menentukan tujuan penjualan mereka, mereka haya tidak yakin bagaimana untukmencapai tujuan yang telah mereka tetapkan, untuk itulah beberapa strategi berikut untuk megembangkan bisnis anda :

1. Buy Market Share

Menjual lebih banyak dari produk yang sama atau jasa kepada target pasar Anda saat ini disebut “Buy market share” untuk tujuanbaik. Untuk menjual lebih banyak produk kepada orang-orang yang sama, Anda perlu membeli customer dari pesaing Anda. Pilihanini bisa menjadi mahal. Pilihan Ini mungkin mengharuskan Anda untuk menurunkan harga produk, menawarkan ketiga hal, Q, S, danP (Quality, Service, Price). Atau Anda mungkin perlu mencurahkan sumber daya untuk iklan atau promosi yang bisa mendorong lebihbanyak orang untuk meninggalkan kesetiaan terhadap produk mereka saat ini dan mencoba merek Anda.

2. Hunt

Menjual lebih banyak produk atau jasa ke pasar yang berbeda juga dapat menjadi pilihan yang mahal. Setiap kali Anda berburupelanggan baru, Anda perlu menciptakan kesadaran dan kredibilitas perusahaan dan produk Anda di pasar baru.

Jika Anda adalah sedang ymenawarkan jasa Anda di wilayah barat tetapi ingin mulai menjual

di wilayah timur, anda harus memperkenalkan produk anda ke wilayah timur, apa yang Anda perjuangkan, dan fitur dan manfaatdari produk Anda. Anda harus mendidik mereka tentang berbagai alasan mengapa pelanggan sangat cerdas bahwa mereka telahmembuat merek terkemuka di wilayah barat.

3. Farm

Ini adalah strategi paling mudah dan hemat biaya. Sementara berburu pelanggan baru penting untuk mempertahankan penjualanyang sehat dalam jangka panjang, mengelola pelanggan Anda lebih efisien.

Statistik menunjukkan bahwa biaya penjualan ke pelanggan baru lebih dari dua belas kali lebih mahal dibandingkan menjual kepelanggan saat ini. pelanggan sudah tahu anda. Anda tidak perlu untuk menciptakan kesadaran dan kredibilitas kepada mereka.Mereka sudah mempercayai Anda. Ada banyak cara untuk memanen penjualan dari pelanggan yang sudah ada:

• Rotation farming

• Suggestive selling

• Selling accessories

• Incentive selling

• Trading up

Rotation farming

menjual kepada pelanggan yang membeli secara berkala, di regular interval. Misalnya, penjual bunga dapat menghubungipelanggan dan meminta hari peringatan pernikahan mereka dan ulang tahun pasangan. Menyimpan tanggal dalam database dan

Melakukan evaluasi secara periodik. Kemudian, jangka yang diperkirakan cukup menghubungi customer tesebut untuk menawarkanbunga.

Suggestive selling

merupakan cara melakukan penjualan yang temudah. disebut You-Want-Fries- With-That-Order? strategy. Pelanggan Anda sudahmemiliki kemauan untuk membeli. Anda hanya menyarankan mereka untuk menghabiskan sedikit ekstra untuk meningkatkan kualitaspembelian mereka.

Selling accessories

Jika Anda menjual meja, sarankan kursi yang cocok atau lampu lantai. Jika pelanggan membeli mesin gizmo, sarankan dia membelialat khusus pelumas mesin untuk membuatnya bekerja lebih baik.

Incentive selling

Hadiah gratis, premi, dan diskon semua efektif sebagai cara untuk membangun lebih banyak penjualan dari basis pelanggan Anda.Misalnya, membeli kosmetik baru dan mendapatkan tas tote gratis. Atau membeli satu hamburger dan mendapatkan

Trading up

Tahun lalu, pelanggan Anda membeli model standar. Tahun ini, dia menjual model deluxe. Dan jual kepada mereka garansi yanglebih lama

4. NEW PRODUK

Produk baru mutlak diperlukan untuk kesehatan perusahaan Anda. Mereka menggantikan produk Anda yang menurun, merekamemberikan pendapatan segar dari baru pasar, dan mereka memposisikan perusahaan Anda sebagai inovator dalam industri. Tapimereka dapat berisiko. Statistik menunjukkan lebih dari 10.000 produk baru diperkenalkan setiap tahun. Mayoritas gagal pada tahunpertama, lebih dari 80 persen pada tahun ketiga.

5. MERGE ATAU AKUISISI

Sebuah merger atau akuisisi dapat menawarkan banyak kesempatan untuk meningkatkan profitabilitas anda. Dengan merger ataumengakuisisi perusahaan lain, Anda benar-benar dapat melakukan semua strategi lainnya sekaligus. Mengakuisisi pesaing mungkinmemang mendapatkan Anda pangsa pasar, menjual lebih dari hal yang sama kepada orang yang sama.

Akuisisi akan memperluas pasar Anda, menjual lebih dari hal-hal yang sama untuk orang yang berbeda. Atau bisa menjadikesempatan untuk menjual produk yang berbeda kepada pelanggan yang ada.

Itulah 5 strategi secara singkat, buy market share, hunt, farm, new product dan merge or acquire. Tanpa strategi tersebutperusahaan anda seperti kapal tanpa angin yang menggerakkan layar. Dengan strategi tersebut, anda bisa melakukanpengembangan bisnis.

Sumber: jtanzilco.com

Tentang saepudin

Anda boleh mempublikasikan kembali tulisan di atas pada website atau blog dengan catatan : 1. Anda harus mencantumkan sumber tulisan dengan link aktif menuju https://saepudinonline.wordpress.com 2. Anda tidak mengubah baik sebagian atau pun keseluruhan tulisan TERMASUK SEMUA LINK YANG ADA DI DALAM ARTIKEL harus tetap ada dan aktif. Mari kita saling menghargai sebuah karya... Terima kasih atas kunjungannya. Mohon beri komentar atau saran untuk menyempurnakan website ini. Salam sukses selalu..
Pos ini dipublikasikan di Tips Bisnis, Tips dan Trik dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s