4 Top Tips, Agar Bisnis Anda bertahan Ratusan Tahun

image

 Sudah berapa lama buka Usaha..? 

Pertanyaan ini pasti kerap Anda alami selama menjalankan bisnis?, padahal bisnis baru berumur jagung. Baru mulai, rasanya belum pantas disebut berbisnis, tapi baru belajar berbisnis. Itulah pertanyaan yang barangkali sering ditanyakan rekanan, patner, atau bahkan customer Anda. Lama sebuah bisnis berjalan menunjuk konsistensi berbisnis, dan berwirausaha. Hal tersebut juga menunjukkan profesionalitas, karena seiring bertambahnya usia bisnis kita maka kita akan banyak memperoleh pelajaran dari menjalani bisnis tersebut.

Lalu, Bagaimana caranya Bisnis kita bisa bertahan puluhan tahun?

Agar bisnis kita bias bertahan puluhan tahun dan melampaui usia kita bahkan, kita perlu konsisten dan menerapkan strategi yang pas. Berikut ini saya ingin share sedikit Tips dari salah satu motivator marketing yang popular di negeri kita ini.

Tips Rahasia Sukses Bisnis Lebih dari 100 Tahun oleh Tung Desem Waringin.

Sukses selama 100 tahun? Bukan hanya 100 tahun, bahkan bisa lebih dari 1.000 tahun! Benar seribu tahun lamanya. Mungkin anda berpikir,”Wow, hebat sekali, kok bisa? Sedang perusahaan saya saja baru berjalan lima tahun dan itu pun sangat berat untuk menjalaninya”.

”Bagaimana caranya,ya?

Boleh saja Anda berpikir demikian, namun seharusnya Anda mulai bertanya, ”Bagaimana caranya,ya? Bagaimana detailnya? Apa yang mereka lakukan sehingga bisa bertahan dalam waktu yang sangat lama dan terus bertumbuh?” Namun sebelum kita melanjutkan pembahasan tersebut, apakah Anda pernah mendengar atau melihat salah satu pohon tertua di dunia ? Di antara pohon-pohon tersebut ada yang telah tumbuh 2.000 tahun lamanya.

Hebatnya, pohon tersebut tetap kokoh berdiri dan mampu memberikan suatu pemandangan yang sangat luar biasa bagi orang-orang yang melihatnya. Dan ternyata, pohon tersebut memiliki akar yang sangat kuat, sehingga ketika pohon itu diterpa angin, salju ataupun badai,tetap bisa berdiri dengan kokoh, sampai hari ini. Seperti pohon-pohon tertua tersebut,ternyata perusahaanperusahaan yang mampu bertahan ratusan tahun, bahkan di atas 1.000 tahun, pastilah pernah mengalami berbagai tantangan yang berat.

Namun karena mereka memiliki ”akar-akar” yang sangat kuat,fondasi perusahaan yang sangat kuat, maka mereka tetap bisa bertahan melewati berbagai kondisi atau krisis yang ada. Dan inilah beberapa perusahaan yang mampu bertahan hingga ratusan tahun lamanya: 1. Hotel Hoshi – Jepang 2. St Peter Hotel – Austria 3. Goulaine – Prancis Dan masih banyak pula yang lainnya.

Salah satu rahasia sukses mereka adalah ”IDEAS”... ya ideas. Mungkin Anda bertanya, ”Kalau hanya sekadar ideas, saya dan karyawan-karyawan saya juga memilikinya, bahkan punya banyak sekali ide-ide. Lalu,apa bedanya? ”IDEAS” merupakan salah satu kunci kesuksesan perusahaan- perusahaan yang langgeng. IDEAS merupakan singkatan dari: I = Improvement & Integrity D = Dynamic Development E = Enthusiasm & Evaluation A = Achievement S = Spirit & Solving Problem.

1. Improvement & integrity:

Suatu perusahaan akan menjadi lebih langgeng jika ada keseimbangan antara pengembangan berbagai unsur yang ada di dalam perusahaan dalam suatu integritas penuh. Karena tidak sedikit perusahaan yang sangat ”bernafsu” untuk mengembangkan perusahaan, namun mengabaikan faktor integritas dalam setiap elemen perusahaan yang ada, yang akhirnya justru mengalami banyak tantangan dalam perkembangannya.

2. Dynamic development

Perusahaan dituntut untuk mampu terus berkembang dengan dinamis, mampu mengikuti perkembangan yang ada. Banyak perusahaan yang bangkrut bahkan dalam waktu singkat, karena mereka sudah merasa sukses,dan tidak mau untuk membuka diri akan perkembangan atau tuntutan pasar yang ada dengan lebih dinamis.

3. Enthusiam & evaluation

Untuk menjadi lebih maju, kita memang harus selalu antusias, namun yang penting pula kita juga harus terus melakukan evaluasi. Mengevaluasi dan memonitor secara rutin akan perkembangan yang ada. Atau akan tantangan yang ada,sehingga perusahaan kita tetap bisa dahsyat dengan cara yang lebih efektif tentunya. Hal ini sangat penting sebagai salah satu fondasi dalam peralihan generasi dalam suatu perusahaan.

Karena banyak ditemukan perusahaan yang berjaya hingga puluhan tahun lamanya saat dipimpin oleh orang tuanya, namun ketika diwariskan ke anaknya hanya dalam beberapa tahun saja perusahaan tersebut mengalami banyak kerugian bahkan bangkrut. Maka selain tetap selalu antusias, kita juga harus melakukan evaluasi dan monitoring secara tertulis,untuk mempermudah proses regenerasi nantinya.

4. Spirit & solving problem

Tetap selalu menjaga perusahaan dalam semangat yang positif.Karena tidak sedikit perusahaan yang melakukan ”pembiaran” ketika ada salah satu karyawan/timnya mulai menghembuskan pembicaraan yang negatif, akhirnya hal negatif berkembang seperti virus sehingga tidak mustahil jika perusahaan Anda secara keseluruhan bisa menjadi negatif. Tanamkan selalu semangat kejujuran dan semangat saling membangun dalam budaya kerja di perusahaan. Dengan demikian, berbagai permasalahan dalam perusahaan bisa dipecahkan dengan cara-cara yang lebih efektif.

Belum pernah lihat seminarnya, simak video berikut ;

Demikian pemaparan dari Tung desem waringin yang disarikandalam web CIputraEntrepreneur.com semoga bermanfaat, menurut pendapat saya beberapa hal diatas sangat masuk akal, namun semua kembali kepada kita yang menjalankan bisnis.

Keep big thingking, start small, and move fast.!!!

tulisan  TDW ini pernah dimuat di (ciputraentrepreneur), Gambar diambil dari (freegreatpicture ) | Sumber: ekonovianto.com

Tentang saepudin

Anda boleh mempublikasikan kembali tulisan di atas pada website atau blog dengan catatan : 1. Anda harus mencantumkan sumber tulisan dengan link aktif menuju https://saepudinonline.wordpress.com 2. Anda tidak mengubah baik sebagian atau pun keseluruhan tulisan TERMASUK SEMUA LINK YANG ADA DI DALAM ARTIKEL harus tetap ada dan aktif. Mari kita saling menghargai sebuah karya... Terima kasih atas kunjungannya. Mohon beri komentar atau saran untuk menyempurnakan website ini. Salam sukses selalu..
Pos ini dipublikasikan di Tips Bisnis, Tips dan Trik dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s