Tips Memilih Lokasi Usaha Strategis

Salah satu kunci utama keberhasilan suatu usaha adalah Lokasi Usaha Strategis. Kesalahan dalam memilih lokasi usaha dapat berdampak fatal bagi perkembangan usaha anda. Juga sebaliknya ketepatan dalam menentukan lokasi usaha strategis akan berdampak positif bagi kemajuan usaha. Kenyataannya memilih lokasi usaha strategis bisa kita bilang susah susah gampang. Tidak semua usaha tepat anda jalankan pada suatu lokasi yang sama. Ada pendekatan pendekatan khusus untuk tiap usaha dalam memutuskan sebuah lokasi usaha strategis.

Artikel ini akan mencoba mengupas mengenai pendekatan pendekatan khusus untuk memilih lokasi usaha strategis tadi. Semoga bisa menjadi rujukan bagi usaha bisnis anda.

Tips memilih lokasi usaha strategis

Untuk memaksimalkan usaha kita akan coba kupas apa saja tips dalam memilih lokasi usaha strategis.

  1. Kenali karakter usaha yang akan anda jalankan. Pahami pula kebutuhan lokasi yang usaha anda butuhkan. Misal, jika anda hendak membuka outlet pakaian, maka lokasi di tengah keramaian atau kampus akan menjadi lokasi usaha strategis. Sesuaikan pula ukuran lokasi dengan kebutuhan anda serta system pembayaran lokasi usaha ini (sewa atau beli) sesuai kemampuan anda.
  2. Temukan lokasi usaha yang sesuai dengan kebutuhan usaha. Pastikan lokasi ini memenuhi semua syarat yang usaha anda perlukan, misal ketika anda hendak membuka usaha kolam ikan pastikan lokasi ini memiliki aliran air yang layak, kondisi ph yang tepat dan sebagainya. Sementara jika anda berencana membuka usaha makanan, lokasi tidak hanya harus dekat dengan pembeli, namun juga dekat dengan pasar sehingga memudahkan anda berbelanja bahan baku masakan anda.
  3. Pastikan kemudahan transportasi dan sarana umum. Ini penting untuk anda perhatikan dalam memilih lokasi usaha strategis, karena transportasi akan memudahkan anda memperoleh bahan baku, menjual produk anda, atau bahkan mendatangkan konsumen ke lokasi usaha anda.
  4. Pastikan keamanan lokasi usaha strategis pilihan anda. Upayakan anda mendapatkan lokasi yang aman baik dari kejahatan, dari musibah seperti banjir, longsor Dan sebagainya. Kalaupun anda terpaksa memilih lokasi beresiko maka anda harus mempersiapkan tindakan antisipasi ketika terjadi musibah.
  5. Pastikan lokasi usaha anda memiliki tempat parkir yang memadai.  Tempat parkir adalah sebuah point penting ketika memilih lokasi usaha strategis. Tempat parkir yang cukup memadai akan memudahkan konsumen datang mengunjungi lokasi usaha anda. Bahkan usaha bidang agro bisnis sekalipun harus mempertimbangkan lokasi parkir truk pengangkut hasil perkebunannya.
  6. Jangan hanya memilih satu atau dua lokasi.  Sebisa mungkin miliki sekitar 5 pilihan lokasi usaha strategiskemudian pilih salah satu, jangan lupa begitu anda mendapatkan lokasi yang anda rasa cocok, segera cari tahu contact person dan harganya, jangan sampai lokasi usaha strategis pilihan anda terlanjur orang lain beli. (danausaha.net)

Tentang saepudin

Anda boleh mempublikasikan kembali tulisan di atas pada website atau blog dengan catatan : 1. Anda harus mencantumkan sumber tulisan dengan link aktif menuju https://saepudinonline.wordpress.com 2. Anda tidak mengubah baik sebagian atau pun keseluruhan tulisan TERMASUK SEMUA LINK YANG ADA DI DALAM ARTIKEL harus tetap ada dan aktif. Mari kita saling menghargai sebuah karya... Terima kasih atas kunjungannya. Mohon beri komentar atau saran untuk menyempurnakan website ini. Salam sukses selalu..
Pos ini dipublikasikan di Tips Bisnis, Tips dan Trik. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s