Hipmi: Badan Hukum Bisnis Online Gratiskan Saja

Peraturan yang mewajibkan bisnis online untuk berbadan hukum akan efektif bila pemerintah menetapkan peraturan yang jelas terhadap kewajiban tersebut. Ketua Badan Pimpinan Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jabar, Yedi Karyadi mengatakan rencana penetapan aturan dalam bisnis perdagangan online (PP mengenai e-commerce) akan berjalan dengan baik asalkan pemerintah sudah menggodok rencana tersebut dengan sangat matang.

“Pemerintah harus menetapkan aturan yang jelas juga tentang rencana tersebut. Seperti bagaimana berbadan hukum untuk bisnis online. Permudah proses berbadan hukumnya,” ujar Yedi kepada INILAH, Senin (11/2/2013).

Mempermudah proses pembuatan badan hukum bagi bisnis online, kata Yedi, menjadi salah satu alternatif PP mengenai e-commerce akan berjalan dengan baik. Pasalnya, kondisi saat ini untuk pembuatan badan hukum bagi sebuah usaha masih terbilang cukup mahal.

Terutama untuk pelaku bisnis online yang rata-rata berasal dari pengusaha pemula, pembuatan badan hukum dinilai akan rumit serta menghabiskan uang cukup mahal. Sehingga dikhawatirkan persentase pelaku bisnis online akan menurun.

“Kalau bisa gratis kan saja untuk bisnis online dalam membuat badan hukum. Karena sebenarnya kalau aturan ini diberlakukan dengan berbagai kemudahan dalam berbadan hukum, bisnis dagang online akan semakin maju. Selain itu juga kepercayaan masyarakat terhadap bisnis online akan meningkat,” jelasnya.

Selain mengenai biaya pembentukan badan hukum untuk bisnis online, rentang waktu untuk menjalani proses pembuatan badan hukum di Indonesia, lanjut Yedi, dinilai masih cukup lamban.

Bila dibandingkan dengan negara tetangga yakni Singapura, pembuatan badan hukum untuk suatu perusahaan hanya membutuhkan waktu dua hari.

“Coba kita bandingkan. Kalau di Singapura itu bikin badan hukum cuma butuh waktu dua hari. Dibandingkan sama Indonesia waktunya 40 hari, cukup jauh perbandingannya. Untuk biaya juga jauh lebih mahal di Indonesia,” tuturnya.(inilahkoran.com)

Tentang saepudin

Anda boleh mempublikasikan kembali tulisan di atas pada website atau blog dengan catatan : 1. Anda harus mencantumkan sumber tulisan dengan link aktif menuju https://saepudinonline.wordpress.com 2. Anda tidak mengubah baik sebagian atau pun keseluruhan tulisan TERMASUK SEMUA LINK YANG ADA DI DALAM ARTIKEL harus tetap ada dan aktif. Mari kita saling menghargai sebuah karya... Terima kasih atas kunjungannya. Mohon beri komentar atau saran untuk menyempurnakan website ini. Salam sukses selalu..
Pos ini dipublikasikan di Artikel Bisnis, Hukum Bisnis dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s