Apa yang Membedakan Top 10% CEO Startup Terbaik dengan yang Lainnya ?

Bagaimana karakter dari CEO yang baik ? bagaimana cara menjadi pemimpin sebuah perusahaan ? Setiap orang memiliki jawaban yang berbeda untuk pertanyaan ini. Berikut ini adalah jawaban dari Mark Suster (Partner dari VC GRP Partner) dan Robert Scoble dari Rackspace.

Mark Suster : DNA seorang entrepreneur adalah sebagai berikut :

  1. Tenacity / Keuletan–  Sifat yang paling penting dalam  entrepreneur adalah tekad pantang menyerah.
  2. Street smarts / Kecerdasan jalanan – Pergi ke luar, bertemu customer langsung dan memahami customer lebih penting daripada  hanya membaca buku atau penelitian komputer.
  3. Ability to pivot / Kemampuan untuk merubah konsep – Tidak cukup hanya cerdas dan ulet. Anda harus bisa untuk memiliki produk yang bagus dan market yang pas dan cukup besar untuk menghasilkan uang. Entrepreneurs yang baik dapat memodifikasi produknya sehingga cocok dengan business model  dan mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan market.
  4. Resiliency / Ketahanan – Menjadi seorang entrepreneur itu seksi… kata mereka yang belum melakukannya. Pada kenyataannya, sangat sulit sulit karena  Anda akan dipenuhi dengan keraguan, Anda akan sering bertanya pada diri sendiri “Apa saya yakin melakukannya?”. Sebenarnya “Entrepreneurship is about survival.”
  5. Inspiration / Inspirasi – Keuletan + kecerdasan tidak cukup tanpa inspirasi. Anda perlu untuk memimpin tim dan meyakinkan orang lain untuk mencoba “memindahkan gunung” ketika segala cara yang mereka lakukan tidak berhasil. Adalah tugas Anda untuk meyakinkan mereka bahwa mereka bisa.
  6. Hard working & disciplined / Kerja keras & disiplin – Kita semua tahu banyak orang yang bisa berdiri di sebuah konferensi dan memberikan pidato yang bagus dan mengagumkan di depan pelanggan. Tapi dibutuhkan lebih dari inspirasi untuk membangun bisnis yang sukses. Anda juga membutuhkan kerja keras dan disiplin.
  7. Willingness to accept risk / Kesediaan untuk menerima risiko – Dalam konteks ini kita tidak berbicara tentang risiko gila, tetapi entrepreneur adalah orang-orang yang bersedia untuk memulai bisnis dengan “leap of faith”. Mereka tidak menunggu dan selamanya mengerjakan “proyek sampingan” sampai hari ketika mereka siap untuk memulai sebuah bisnis yang serius. Jika Anda tidak bersedia untuk mengambil risiko dengan bekerja full time untuk startup Anda, tentunya Anda akan membuat investor Anda tidak percaya atau mungkin Anda yang tidak percaya kepada diri Anda sendiri.
  8. Attention to detail / Perhatian terhadap Detail – Jika Anda akan memimpin sebuah bisnis pada tahap-tahap awal Anda harus mengerti semua rincian Anda. Anda perlu tahu model keuangan Anda. Anda perlu terlibat dalam desain produk. Anda perlu memiliki pemahaman yang rinci dari penjualan Anda. Intinya Anda harus mengerti segala detail.
  9. Competitiveness / Daya Saing – Pengusaha terbaik benci untuk kalah. Entah itu dalam kehidupan pribadi atau bisnis mereka selalu ingin menang. Menang disini tentunya dalam arti yang positif. Keinginan untuk menang selalu ada dalam pikiran mereka. Berbagi pasar tidaklah cukup – mereka ingin menang setiap transaksi, mempekerjakan setiap karyawan – karyawan terbaik dan mendapatkan mitra-mitra terbaik.
  10. Decisive / Ketegasan –  Pengusaha tidak lemah, mereka mengerjakan apa yang mereka harus lakukan. Ini yang membedakan entrepreneur dengan eksekutif di perusahaan besar, konsultan dan investor. Semua orang tersebut memiliki kemewahan berupa analisis. Sedangkan pengusaha dihadapkan dengan banjir keputusan setiap harinya yang  sebagian besar merupakan hal-hal kecil. Semua itu membutuhkan keputusan dan tindakan yang cepat.
  11. Domain Experience or ability to go really deep and learn it / Pengalaman di vertical niche tertentu atau kemampuan untuk masuk di suatu domain dan mempelajarinya dengan mendalam – Yang dimaksud dengan Domain Experience adalah founder memiliki pengalaman dalam industri sejenis sebelumnya. Walaupun, Domain Experience bukanlah syarat mutlak,  tetapi, jika Anda memilikinya itu akan menjadi nilai tambah yang besar. Lebih baik Anda mulai dengannya daripada dari tidak sama sekali.
  12. Integrity / Integritas – Integritas dan kejujuran sangat penting bagi founder yang ingin memiliki investor dari venture capital. Tentunya dengan Integritas yang baik banyak venture capital yang mau untuk bekerja sama.
  13. Passion for what are you doing / Passion terhadap apa yang Anda kerjakan.

Robert Scoble : Saya telah melakukan interview dengan ribuan CEO, beberapa hal yang penting menurut saya adalah :

  1. Bagus dalam melakukan hiring dan firing. Startup CEO yang baik biasanya bagus dalam melakukan hiring, artinya menjual mimpi bisnis mereka kepada orang lain, terutama ketika mimpimu terlihat sulit diterima atau sangat beresiko. Saya pernah bekerja dengan CEO yang bagus sekali dalam hiring tetapi sulit untuk memecat satupun karyawan. Hal ini menghancurkan bisnisnya. Banyak dari CEO yang bagus tidak takut untuk memecat karyawan yang tidak perform.
  2. Builds a culture, not just a company. Bangun sebuah budaya, bukan hanya perusahaan. CEO terbaik seperti Tony Hsieh di Zappos, membangun culture yang memberikan misi kepada setiap orang, Zappos menjadi berbeda dibanding perusahaan lain yang membosankan.
  3. Listens and acts. Mendengarkan dan melakukan aksi. Banyak CEO yang ingin mengatakan padamu apa yang mereka lakukan, tetapi yang terbaik mendengarkan feedback dan melakukan sesuatu terhadap feedback yang mereka terima. Tidak sedikit yang memberikan credits untuk masukan yang mereka terima.
  4. Resilient / Tahan banting.  AirBnB membutuhkan 1,000 hari untuk bisnisnya bisa berjalan. Bayangkan jika mereka menyerah di hari ke 999 ? CEO yang baik menemukan cara untuk terus berjalan meskipun semuanya nampak tidak setuju dengan mimpi mereka.
  5. Has vision / Memiliki Visi. Banyak CEO yang baik tetapi jika kamu tidak memiliki kemampuan membangun produk yang matter to people,  tidak ada yang mengingat namanya.
  6. Stays focused / Fokus. Seorang teman yang bekerja untuk Steve Jobs mengatakan pada saya bahwa apa yang membuatnya berbeda adalah Jobs tidak membiarkan seorang anggota tim pindah mengerjakan tugas lain sebelum pekerjaannya benar-benar menyelesaikannya.
  7. Speaks clearly / Berbicara dengan jelas. CEO yang baik bisa berbicara dengan jelas, tajam, padat dan quotable. Banyak orang tidak memiliki skill menyampaikan cerita dengan mudah diingat. CEO yang baik sangat pandai melakukannya karena adalah pekerjaan CEO untuk menyampaikan story dari perusahaan dan produknya.
  8. Is a customer advocate / Sangat memahami kebutuhan customer. CEO yang baik memahami dengan mendalam apa yang diinginkan customer terutama saat mereka mengambil keputusan yang memberatkan customer.
  9. Good at convincing other people / Baik dalam meyakinkan orang lain. CEO harus berdapan dengan berbagai interest group yang berbeda kepentingan. Customer sering menginginkah hal yang tidak diinginkan investor. Jadi CEO yang baik harus panda meyakinkan orang lain untuk mengikuti keputusannya, bahkan mengubah opini orang lain.

Beberapa hal lain yang layak disebut adalah :

  1. Fokus pada hal yang penting
  2. Sabar dan tidak sabar pada saat yang bersamaan
  3. Mampu merekrut pemain yang benar di saat yang tepat

Sumber: startupbisnis.com

Tentang saepudin

Anda boleh mempublikasikan kembali tulisan di atas pada website atau blog dengan catatan : 1. Anda harus mencantumkan sumber tulisan dengan link aktif menuju https://saepudinonline.wordpress.com 2. Anda tidak mengubah baik sebagian atau pun keseluruhan tulisan TERMASUK SEMUA LINK YANG ADA DI DALAM ARTIKEL harus tetap ada dan aktif. Mari kita saling menghargai sebuah karya... Terima kasih atas kunjungannya. Mohon beri komentar atau saran untuk menyempurnakan website ini. Salam sukses selalu..
Pos ini dipublikasikan di Startup Business dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s