Tips Memilih Ruko untuk Bisnis

Rumah toko (ruko) memang bukan barang baru di pasar properti. Tapi, pasar ruko masih bagus karena permintaan ruko untuk bisnis kecil hingga menengah masih cukup besar.

Seiring kemajuan zaman, ruko menjadi alternatif bagi masyarakat yang ingin memiliki tempat tinggal sekaligus ruang usaha atau kantor. Selain itu juga ruko sering digunakan untuk membuka usaha sendiri, misalnya untuk restoran, salon, dan lain-lain. Ruko juga bisa dipakai untuk perbankan, warnet, dan mini market.

Namun, ada hal-hal yang harus Anda perhatikan ketika akan membeli atau menyewa. Nah, sebagai patokan, Anda bisa mengikuti beberapa tips panduan praktis dari Mia Dianasari, Manajer Senior Riset dan konsultasi Coldwell Banker.

Faktor utama yang kudu Anda perhatikan adalah lokasi. Ini yang paling penting, karena lokasi menentukan prestasi. Nah, Anda mesti mencermati kemudahan akses ke lokasi ruko tersebut. Tentu bagus kalau?ruko itu berada di pinggir jalan yang ramai. Untuk itu, idealnya ia harus dekat dengan pemukiman. Lebih bagus lagi kalau ruko itu berada di pinggir jalan utama sehingga banyak dilalui orang.?Jadi, akan ada lebih banyak orang melihat ruko kita dan bisnis bisa lebih lancar.

Kalau mau beli ruko untuk investasi, lokasi yang strategis itu juga sangat mutlak. Sebab, kalau letaknya sudah strategis, mau disewakan untuk bisnis apa saja akan tetap cepat diserap pasar. Tentu saja ruko yang terletak di tempat yang strategis memiliki harga yang lebih mahal daripada di pinggir.?Tetapi itu lebih baik?daripada ruko yang kita beli tidak ada yang menyewa karena letaknya jauh di negeri antah-berantah. Kalau ini yang terjadi, bukannya berbiak, duit kita justru malah akan mandek di ruko.

Kedua, ketika memilih ruko Anda juga harus melihat tujuannya. Akan dipakai untuk apa ruko itu? ?Misalnya, kalau mau mendirikan restoran, Anda harus?memperhatikan keberadaan restoran lain di sekitar ruko itu. Jadi, intinya, Anda harus memperhatikan bisnis yang sejenis di sekitar ruko yang akan dibeli. Masih berhubungan dengan kedua tips itu, akan lebih baik jika Anda memilih ruko dekat pusat keramaian. Misalnya di dekat pusat perkantoran.

Cuma, Anda juga harus menghitung dana atau investasi yang sanggup Anda keluarkan. Asal tahu saja, sekarang ini, ruko termasuk kategori barang mahal. Ruko di Jakarta harganya kemungkinan lebih mahal daripada di luar Jakarta, karena harga tanahnya lebih mahal.?Harga itu akan semakin mahal jika letaknya strategis.

Enaknya, jika uang tunai pas-pasan, sekarang ada banyak bank yang akan bersedia memberikan kredit untuk Anda. Tapi, pintar-pintarlah memilih bank yang memasang bunga paling murah dan fasilitas paling oke.

Sumber : http://www.kontan-harian.com

Tentang saepudin

Anda boleh mempublikasikan kembali tulisan di atas pada website atau blog dengan catatan : 1. Anda harus mencantumkan sumber tulisan dengan link aktif menuju https://saepudinonline.wordpress.com 2. Anda tidak mengubah baik sebagian atau pun keseluruhan tulisan TERMASUK SEMUA LINK YANG ADA DI DALAM ARTIKEL harus tetap ada dan aktif. Mari kita saling menghargai sebuah karya... Terima kasih atas kunjungannya. Mohon beri komentar atau saran untuk menyempurnakan website ini. Salam sukses selalu..
Pos ini dipublikasikan di Tips dan Trik. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s