Tips Memilih Bank untuk Usaha Kecil Menengah

Saat ini bank telah menjadi bagian yang vital bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) misalnya toko kelontong, rumah makan, jasa teknik, jasa web programming, toko online. Adapun pentingnya sebuah bank untuk UKM adalah :

1. Penyaluran Kredit. Penyaluran kredit memberi keuntungan untuk debitur maupun kreditur, bagi peminjam jelas akan memberikan percepatan untuk usahanya. Bagi bank akan memberikan keuntungan finansial berupa bunga ataupun bagi hasil.
2. Untuk menyimpan uang tunai. Saat ini kejahatan semakin marak, tidak ada salahnya menyimpan uang di bank.
3. Mempermudah transaksi jual beli. Pembelian bahan baku dari luar kota dan penjualan barang ke luar kota kadang tidak memungkinkan untuk melakukan pembayaran secara tunai. Selain alasan kemudahan, alasan keamanan juga menjadi faktor penting. Pembeli dari luar kota juga akan lebih nyaman jika pembayaran melalui transfer bank dan barang pesanan dikirim menggunakan jasa kurir (Kantor Pos, TIKI, JNE, dsb). Pembayaran tagihan listrik, telepon, internet, dan air juga bisa kita bayar melalui bank, jadi tidak perlu membawa uang tunai.
4. Syarat Administrasi. Ada beberapa lelang pengadaan barang dan jasa yang mengharuskan peserta lelang memiliki rekening bank dengan saldo tertentu, jadi apakah Anda akan melewatkan kesempatan mendapatkan keuntungan besar hanya karena masalah rekening bank?

Demikian pentingnya sebuah bank bagi Usaha Kecil Menengah, selanjutnya saya akan memberikan tips sederhana untuk memilih bank. Yang perlu diperhatikan adalah, kita bisa memilih beberapa bank yang akan kita gunakan tergantung kegunaannya. Misal untuk kredit ke bank A, untuk mobile banking menggunakan bank B.

1. Mudah Menyalurkan Kredit

UKM sangat membutuhkan kredit dari bank, baik bank besar seperti BRI, Mandiri, dan BNI maupun bank-bank kecil seperti BPR atau BMT. Nah, sebelum mengajukan kredit ke bank, bandingkan dulu bunga dari masing-masing bank, persyaratan yang diminta, jaminan, asuransi, dan fasilitas lainnya.

2. Lokasi Bank dan ATM Dekat dengan Usaha

Jika kita memanfaatkan bank untuk menyimpan uang, pilih yang lokasinya paling dekat dengan unit usaha. Hal ini akan memudahkan kita saat akan melakukan penyetoran atau penarikan. Tidak lucu kan untuk menyetorkan uang 500 ribu saja kita sampai harus menempuh jarak 25 km, padahal sebenarnya ada bank dekat unit usaha yang bisa kita manfaatkan. Selain lokasi bank, lokasi ATM juga perlu kita pertimbangkan.

3. Jaringan Luas

Jika usaha Anda sudah mulai merambah daerah lain dan Anda sering bepergian, maka Anda harus memilih bank yang memiliki jaringan yang luas. Sewaktu Anda sedang di luar kota dan ada urusan dengan bank yang harus Anda selesaikan, Anda bisa menemukan cabang bank yang tersebut.

4. Dalam jaringan ATM Bersama dan Prima

ATM saat ini menjadi sarana yang penting untuk melalukan transaksi penjualan, pembelian, pembayaran tagihan, transfer, bahkan penyetoran tunai. Agar transaksi dengan pelanggan atau supplier Anda berjalan lancar, sebaiknya pilih bank yang termasuk dalam jaringan ATM Bersama dan Prima.

5. Bank apa yang digunakan rekan bisnis?

Tidak jarang sebuah usaha kecil hanya melayani beberapa pelanggan namun menghasilkan omset penjualan yang besar, untuk memudahkan pembayaran dari pelanggan perlu kita tanyakan bank apa yang digunakan. Transfer antar bank kadang tidak real time, jadi apabila bank yang digunakan sama transfer uang bisa real time. Selain berurusan dengan pelanggan, bank yang kita gunakan perlu juga kita samakan dengan supplier akan pemesanan barang lancar dan tidak terhambat gara-gara transfer antar bank yang belum sampai.

6. Internet Banking dan Mobile Banking

Untuk memudahkan melakukan transaksi, perlu juga dipertimbangkan bank yang memberikan fasilitas internet banking dan mobile banking. Dengan demikian Anda tidak perlu keluar rumah untuk melakukan transaksi keuangan.

7. Bank yang buka di hari Sabtu

Pembayaran dari pelanggan yang berupa uang tunai akan merepotkan jika uang terkumpul dalam jumlah banyak, selain itu resiko keamanan juga semakin besar. Nah, saat ini beberapa bank buka di hari sabtu, jadi hasil penjualan Anda pada hari Jumat atau Sabtu bisa disetorkan ke bank agar lebih tenang. Salah satu bank yang mempunyai jaringan luas dan buka di hari sabtu adalah bank BTN yang bekerja sama dengan Kantor Pos, jadi kita bisa melakukan penarikan dan penyetoran melalaui kantor pos. (http://kantorkita.web.id)

Tentang saepudin

Anda boleh mempublikasikan kembali tulisan di atas pada website atau blog dengan catatan : 1. Anda harus mencantumkan sumber tulisan dengan link aktif menuju https://saepudinonline.wordpress.com 2. Anda tidak mengubah baik sebagian atau pun keseluruhan tulisan TERMASUK SEMUA LINK YANG ADA DI DALAM ARTIKEL harus tetap ada dan aktif. Mari kita saling menghargai sebuah karya... Terima kasih atas kunjungannya. Mohon beri komentar atau saran untuk menyempurnakan website ini. Salam sukses selalu..
Pos ini dipublikasikan di Tips dan Trik dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s