Tips Sukses dalam Jaringan Bisnis

 JARINGANJejaring bisnis yang efektif merupakan sebuah hubungan bersama antarindividu yang menjalankan dan mempromosikan satu sama lain melalui kepercayaan dan hubungan.

1. Ingatlah, jejaring ialah mengenai kejujuran dan ketulusan, membangun kepercayaan dan hubungan, serta melihat bagaimana
kita dapat menolong orang lain.
2. Tanyakan pada diri Anda sendiri apakah tujuan-tujuan Anda dalam mengikuti pertemuan-pertemuan jejaring sehingga Anda akan memilih kelompok-kelompok yang akan membantu Anda mendapatkan apa yang Anda cari. Beberapa pertemuan lebih berdasarkan pada pembelajaran, mengadakan hubungan atau kontak, dan/ atau bekerja secara sukarela daripada secara terus menerus menjalin hubungan bisnis.
3. Kunjungilah sebanyak mungkin kelompok yang membuat Anda tertarik. Perhatikan nada dan sikap dari kelompok tersebut. Apakah orang-orang tersebut terdengar saling mendukung satu sama lain? Apakah kepemimpinannya terlihat kompeten? Banyak kelompok membolehkan Anda untuk berkunjung dua kali sebelum bergabung.
4. Peganglah posisi sukarelawan dalam organisasi. Hal ini adalah cara terbaik untuk tetap terlihat dan membalas (kebaikan) pada kelompok-kelompok yang telah memberikan bantuan.
5. Tanyakan pertanyaan terbuka dalam percakapan-percakapan jejaring. Hal ini berarti menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang mengandung kata “siapa”, “apa”, “di mana”, “kapan”, dan “bagaimana”daripada menanyakan yang dapat dijawab dengan jawaban sederhana YA atau TIDAK. Bentuk pertanyaan ini membuka diskusi dan menunjukkan pada
orang yang Anda ajak bicara bahwa Anda tertarik pada mereka.
6. Dikenal sebagai sebuah sumber yang tepercaya bagi orang lain. Saat Anda dikenal sebagai seorang yang kuat, orang-orang akan mengingat Anda begitu mereka membutuhkan saran, gagasan, nama-nama orang lain, dan sebagainya. Dengan begitu Anda akan tetap terlihat bagi mereka.
7. Milikilah pemahaman yang jelas akan apa yang Anda lakukan dan mengapa, untuk siapa, dan apa yang Anda membedakan apa yang Anda lakukan dengan hal lain yang orang lain juga sama-sama lakukan. Untuk mendapatkan arahan, Anda pertama-pertama harus memiliki pemahaman yang jelas akan hal yang Anda kerjakan, yang Anda dapat  kemukakan dengan gamblang pada orang lain.
8. Utarakanlah dengan baik apa yang Anda sedang cari dan bagaimana orang lain dapat membantu Anda. Terlalu sering orang bertanya dalam percakapan, “Bagaimana saya dapat membantu Anda?”  dan tidak ada jawaban yang segera muncul dalam kepala.
9. Laksanakanlah arahan (rekomendasi dari orang lain untuk menggunakan jasa Anda) yang diberikan pada Anda dengan cepat dan efisien. Saat orang memberikan Anda arahan, tindakan Anda ialah cerminan terhadap mereka. Hargai dan hormatilah itu dan arahan Anda akan berkembang.
10. Hubungilah mereka yang Anda temui yang mungkin dapat menarik keuntungan dari yang Anda kerjakan dan sebaliknya. Tunjukkan bahwa Anda menikmati pertemuan dengan mereka, dan tanyakan jika Anda dapat berkumpul dan berbagi gagasan.
*) Stephanie Speisman adalah seorang Pelatih Sukses yang melatih kelompok-kelompok dan individu-individu dalam keahlian jejaring bisnis berdasarkan buku kecilnya yang berjudul  “99 Tips for Successful Business Networking.”

Tentang saepudin

Anda boleh mempublikasikan kembali tulisan di atas pada website atau blog dengan catatan : 1. Anda harus mencantumkan sumber tulisan dengan link aktif menuju https://saepudinonline.wordpress.com 2. Anda tidak mengubah baik sebagian atau pun keseluruhan tulisan TERMASUK SEMUA LINK YANG ADA DI DALAM ARTIKEL harus tetap ada dan aktif. Mari kita saling menghargai sebuah karya... Terima kasih atas kunjungannya. Mohon beri komentar atau saran untuk menyempurnakan website ini. Salam sukses selalu..
Pos ini dipublikasikan di Jaringan Bisnis dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s