Bagaimana Cara Memilih Nama Bisnis

Anda hendak mulai usaha? Pasti kemudian anda mencari nama bisnis bagi usaha anda tersebut. Nama, apalagi untuk kepentingan bisnis, amatlah penting. Sebab dengan nama itu konsumen mengenal bisnis anda. Nama itu juga yang mewakili usaha anda. Serta juga yang membedakan bisnis anda dengan yang lain. Seperti cara memilih nama domain atau nama blog anda, memberi nama bisnis bagi usaha anda juga ada caranya.

Nah, bagaimana caranya memilih nama bisnis?

Ada beberapa rumusan dasar cara pembuatan nama bisnis. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Mudah diingat
  • Mudah diucapkan
  • Menggambarkan usaha atau bisnis yang anda jalankan
  • Berbeda dengan yang lain

Lalu dari mana inspirasi atau ide nama bisnis itu datang?

Ide nama bisnis bisa datang dari banyak sumber. Misalnya

  • Dari nama suatu tempat. Seperti perusahaan Adobe yang diberi nama pendirinya John Warnock dari sungai bernama “Adobe Creek” yang berada di belakang rumahnya. Atau perusahaan telekomunikasi Cisco yang diambil dari nama kota San Fransisco. Seperti juga Nokia, produsen handphone yang mengambil nama mereknya dari nama kota tempat pabriknya berada.
  • Dari nama mitologi. Seperti produsen alat olahraga Nike yang namanya berasal dari dewi kemenangan Yunani. Atau nama peruhsaan elektronik Asus yang berasal dari kata Pegasus, kuda terbang dalam mitologi Yunani.
  • Dari nama hewan. Seperti merk Reebok yang berasal dari nama rhebok, antelope di Afrika.
  • Dari nama buah. Seperti Apple Computer yang diberi nama oleh Steve Jobs saat sedang makan apel.
  • Dari singkatan. Seperti nama Maspion yang berasal dari singkatan “Mengajak Anda Selalu Percaya Industri Olahan Nasional”. Atau Skype yang berasal dari “Sky-Peer-to-Peer”. Dan Benq dari “Bringing Enjoyment and Quality to life” serta Microsoft yang berasal dari “MICROcomputer SOFTware”.
  • Dari bahasa setempat. Seperti Sanyo yang dalam bahasa Jepang berarti “tiga lautan”. Atau Samsung yang dalam Korea berarti “bintang tiga”.
  • Dari nama orang. Seperti Casio yang berasal dari nama pendirinya, Kashio Tadao.

Bagaimana sekarang? Ada gambaran hendak memberi nama bisnis apa untuk usaha anda?

Oh ya, nama bisnis ini erat juga kaitannya dengan logo bisnis. Karena itu, nama dan logo bisnis anda hendaknya saling berkait agar mempermudah orang mengingat nama bisnis anda. Harapannya, merek anda kemudian menjadi top of mind di benak konsumen.

 Sumber: jokosusilo.com

Tentang saepudin

Anda boleh mempublikasikan kembali tulisan di atas pada website atau blog dengan catatan : 1. Anda harus mencantumkan sumber tulisan dengan link aktif menuju https://saepudinonline.wordpress.com 2. Anda tidak mengubah baik sebagian atau pun keseluruhan tulisan TERMASUK SEMUA LINK YANG ADA DI DALAM ARTIKEL harus tetap ada dan aktif. Mari kita saling menghargai sebuah karya... Terima kasih atas kunjungannya. Mohon beri komentar atau saran untuk menyempurnakan website ini. Salam sukses selalu..
Pos ini dipublikasikan di Merek dan Brand. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s