Merintis Bisnis Prasekolah (2)

Tahap Pra-persiapan dalam merintis sebuah usaha Prasekolah telah saya ulas pada catatan sebelumnya. Kali ini, kita akan membahas tentang tahap selanjutnya, yaitu : tahap Persiapan. Setelah konsep telah ditentukan serta lokasi telah disediakan, satu hal yang harus dilakukan adalah menginventarisir segala kebutuhan dalam sebuah daftar. Pertanyaannya adalah apa saja kiranya yang dibutuhkan? Begini, pada prinsipnya, kebutuhan operasional untuk program motorik atau physical play program ini tidak terlalu kompleks dan ekslusif seperti halnya pendidikan prasekolah pada umumnya.

Meskipun dalam daftar tersebut Anda bisa memasukkan apa saja yang sekiranya Anda rasa perlu untuk disediakan, namun ada baiknya kita menyesuaikannya dengan mengacu pada skala prioritas. Beberapa hal yang menjadi prioritas antara lain: peralatan bermain motorik bahan busa dan kayu, alas lantai, dekorasi ruang, audio set, meja administrasi, perlengkapan administrasi, perlengkapan promosi, alat tulis, serta kursi tunggu. Sedangkan hal-hal lain yang dapat ditambahkan adalah: lemari atau rak penyimpanan, rak sepatu, papan informasi dan lain sebagainya.

Untuk peralatan motorik, Anda dapat mengaturnya secara bertahap, misalnya dengan paket peralatan berskala kecil terlebih dahulu, yang sekiranya dapat digunakan dalam operasional tahap awal. Untuk menentukan paket peralatan ini, Anda dapat meminta bantuan produsen, penyedia atau konsultan peralatan bermain motorik yang ada.

Dengan bantuan pihak yang memang kompeten di bidangnya, tentu Anda akan dapat memperoleh solusi ideal untuk pengadaan peralatan bermain motorik ini. Selain itu, pilihlah supplier yang juga menyertakan atau memberikan pelatihan khusus untuk fungsi dan tehnik penggunaan alat. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam mengoptimalkan peralatan tersebut, yang juga menjadi inventaris utama Anda.

Sedangkan untuk alas lantai, Anda dapat melakukan survey dan perbandingan harga untuk material yang paling ideal bagi Anda. Sedikit informasi mengenai alas lantai, jika karpet yang menjadi pilihan, Anda harus memperhitungkan juga lapisan tambahan pada bawah karpet (under layer). Tentunya, ini berarti penambahan biaya. Dalam hal perawatan pun juga sedikit merepotkan, karena karpet bersifat menyerap debu dan kotoran kecil.

Sebagai alternatif lain yang tentunya lebih terjangkau adalah alas lantai karet berbentuk puzzle atau bongkar pasang. Jenis alas lantai ini banyak sekali tesedia di pasaran. Namun, lebih baik Anda memilih alas puzzle dengan ukuran besar, seperti ukuran 90 x 90 cm. Meski relatif lebih mahal, namun alas ukuran ini relatif lebih awet atau tahan lama. Jika memang Anda menginginkan alas puzzle berukuran kecil, maka pilihlah alas yang polos atau tidak bermotif. Ini dikarenakan keutuhan alas polos cenderung lebih lama dalam penggunaan.

Untuk dekorasi ruang, Anda dapat meminimalisir biaya dengan hanya melakukan pewarnaan ruang dengan perpaduan warna cerah, serta kemudian memasang berbagai ornamen yang bisa Anda kreasikan sendiri sesuai tema pilihan. Logo sekolah adalah satu hal penting yang harus divisualisasikan di ruangan ini. Untuk ini pun Anda dapat menyiasatinya dengan mencetak logo pada selembar kertas ukuran besar, serta kemudian merapikannya pada sebidang tripleks atau media lain sebelum menggantungnya di dinding. Sedangkan untuk audio set, Anda dapat menggunakan sebuah tape recorder atau sejenisnya. Intinya, alat elektronik ini dapat difungsikan untuk memainkan musik pengiring saat operasional kelas.

Mengenai kelengkapan admnistrasi, berbagai hal yang perlu Anda sediakan antara lain: kwitansi, stempel logo sekolah, amplop, beberapa buku untuk pendataan, serta tentunya peralatan tulis dan perlengkapan kantor. Bagaimana dengan perlengkapan promosi? Beberapa item yang perlu Anda sediakan antara lain: flyer atau brosur, standing banner, outdoor banner, serta papan nama sekolah atau neon sign.

Ulasan di atas baru berkisar penyusunan daftar kebutuhan dengan skala prioritas serta kelengkapan lainnya. Hal lain yang perlu Anda lakukan adalah menyusun jadwal pelaksanaan persiapan. Anda dapat menyusun jadwal dalam rentang waktu 3 bulan persiapan. Pada bulan pertama, kegiatan yang dijadwalkan adalah dekorasi ruang, produksi atau pemesanan peralatan bermain motorik, publikasi dan seleksi SDM, pengaturan desain dan pemesanan material promosi, serta pengadaan berbagai perlengkapan lainnya.

Selanjutnya, pada bulan kedua, kegiatan mencakup: pemeriksaan akhir ruang, penerimaan dan penyusunan peralatan motorik, penerimaan tahap akhir dan pelatihan SDM, penerimaan dan pemasangan banner, publikasi atau penyebaran brosur di kawasan terdekat, serta pemantapan sistem administrasi. Tak lupa, di bulan ini, kesiapan material pendukung sekolah seperti seragam, jadwal sekolah dan perlengkapan murid juga sudah masuk tahap akhir. Pada bulan ketiga, kegiatan yang dilakukan meliputi promosi dalam skala lebih luas. Dalam hal ini pihak manajemen sekolah mulai lebih pro-aktif dalam mendekati target pasar, yang dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti mengklasifikasi relasi dan rekan yang berpotensi, ikut dalam ajang acara atau pameran tertentu, menggunakan media sosial, forum-forum tertentu, serta situs tertentu yang dapat memfasilitasi kepentingan ini, dll.

Tak lupa, persiapkan juga alternatif promosi yang sekiranya dapat memberikan kemudahan bagi calon murid. Untuk SDM, pada bulan ini memasuki periode pematangan tugas kerja. Satu hal lagi, pada bulan ini pengelola dan segenap tim kerja mulai menetapkan jadwal open house atau pembukaan awal operasional. Untuk open house sendiri, kegiatan yang biasa diadakan antara lain sambutan dan penjelasan dari pihak pengelola sekolah, pengenalan fungsi alat, serta simulasi kelas.

Harus jujur saya katakan bahwa aplikasi persiapan di atas dapat berlangsung lebih kompleks di lapangan. Namun percayalah, apabila usaha ini dimulai dan didasari dengan komitmen dan semangat yang positif, maka segala sesuatunya akan dapat dilalui dan dijalankan dengan lebih mudah. (Andrean Uncle Jack. Sumber: oktomagazine.com)

Tentang saepudin

Anda boleh mempublikasikan kembali tulisan di atas pada website atau blog dengan catatan : 1. Anda harus mencantumkan sumber tulisan dengan link aktif menuju https://saepudinonline.wordpress.com 2. Anda tidak mengubah baik sebagian atau pun keseluruhan tulisan TERMASUK SEMUA LINK YANG ADA DI DALAM ARTIKEL harus tetap ada dan aktif. Mari kita saling menghargai sebuah karya... Terima kasih atas kunjungannya. Mohon beri komentar atau saran untuk menyempurnakan website ini. Salam sukses selalu..
Pos ini dipublikasikan di PAUD dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s