Mendirikan Penerbitan Buku dengan Modal Nekat

Sejak akhir Desember tahun 2007 yang lalu, saya berusaha mendirikan penerbitan buku. Penerbitan buku dengan pola “self publishing” tersebut, saya beri nama: Cakrawala Media Publisher. Terkait nama penerbitan, semula mau pakai nama: Cakrawala Publishing. Namun ternyata nama tersebut sudah dipakai oleh penerbitan lain. Agar tidak kembar, maka muncullah nama: Cakrawala Media Publisher.

Munculnya penerbitan ini, bisa dikatakan bermodal nekat. Meski bermodal nekat, namun sebelumnya saya juga tetap belajar bagaimana liku-liku penerbitan buku. Ada 2 hal yang saya tempuh saat belajar berbagai hal terkait penerbitan buku.

1. Saya belajar lewat teori cara-cara menerbitkan buku, yang telah ditulis sejumlah orang yang sudah berpengalaman. Untuk bisa belajar, tentu saja harus mengeluarkan biaya. Namun tidak banyak. Tercatat saya menghabiskan dana Rp 150.000 untuk membeli e-book, yang dijajakan via internet. Yang pertama yakni e-book karya Abu Al-ghifari alias Toha Nasrudin yang telah pengalaman mengelola Mujahid Press (harga e-book sekitar Rp 100.000). Yang kedua yakni e-book karya Mas Jonru, pendiri penulis.lepas com (harga sekitar Rp.50.000)

2. Meski sudah belajar teori, namun saya masih harus survei lapangan. Tujuannya agar teori yang ada di e-book, bisa sinkron dengan kenyataan di lapangan. Sejumlah pihak saya datangi, baik kalangan toko buku maupun penerbitan yang sudah jalan. Saya tidak sulit untuk menembus komunitas toko buku dan penerbit, karena latar belakang saya jurnalis. Saya akhirnya tahu jalur-jalur distribusi buku, termasuk prosentase alias jatah komisi bagi distributor buku.

Setelah ada sinkronisasi antara teori dan praktek lapangan lewat survei, akhirnya saya memberanikan diri menerbitkan buku karya saya sendiri.

Buku tersebut saya beri  judul: Kiat Sukses Mengikuti SERTIFIKASI GURU.  Syukur alhamdulillah reaksi pasar, khususnya pemasaran di kalangan guru, cukup bagus.

———–

Tulisan di atas disalin tanpa ada perubahan dari teks aslinya: Sumber: http://mhzen.wordpress.com

Tentang saepudin

Anda boleh mempublikasikan kembali tulisan di atas pada website atau blog dengan catatan : 1. Anda harus mencantumkan sumber tulisan dengan link aktif menuju https://saepudinonline.wordpress.com 2. Anda tidak mengubah baik sebagian atau pun keseluruhan tulisan TERMASUK SEMUA LINK YANG ADA DI DALAM ARTIKEL harus tetap ada dan aktif. Mari kita saling menghargai sebuah karya... Terima kasih atas kunjungannya. Mohon beri komentar atau saran untuk menyempurnakan website ini. Salam sukses selalu..
Pos ini dipublikasikan di Seputar Penerbitan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

