Nota Kesepahaman

NOTA KESEPAHAMAN

(MEMORANDUM OF UNDERSTANDING)

ANTARA

PT. XX

Dengan

PT YY

Pada hari ini tanggal __ (___________) bulan __ (_____________) tahun ____ (______________), di ____________,  yang bertandatangan di bawah ini :

  1. __________________, DIREKTUR UTAMA, berhak mewakili Perseroan sebagaimana diatur dalam Anggaran Dasar Perseroan, dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama PT. XX, berkedudukan di ________________, yang didirikan berdasarkan Akta Notaris No. ____ tanggal________ yang dibuat dan ditandatangani dihadapan ______________, SH, Notaris di ____________ dan telah mendapat pengesahan sebagai badan hukum berdasarkan Keputusan Menteri Kehakiman dan HAM No. _________  tanggal ____________.

Selanjutnya disebut ”PIHAK PERTAMA”.

  1. __________________, DIREKTUR UTAMA, dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama PT. YY, berkedudukan di ……, berdasarkan __________________.

 

Selanjutnya disebut ”PIHAK KEDUA”.

PIHAK PERTAMA dan  PIHAK KEDUA secara bersama-sama disebut “PARA PIHAK”. PARA PIHAK terlebih dahulu menerangkan :

  1. PIHAK PERTAMA merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan batu bara di wilayah hukum Republik Indonesia;
  2. PIHAK KEDUA merupakan perusahaan yang didirikan berdasarkan hukum nasional Thailand yang bergerak di bidang pertambangan dan energi;
  3. Bahwa PARA PIHAK sepakat  dengan itikad baik dan saling menguntungkan untuk bekerjasama serta  mengikatkan diri melaksanakan kesepakatan ini dengan ketentuan-ketentuan sebagaimana diatur dalam kesepakatan ini;

PASAL I

Objek Kesepakatan

  1. PARA PIHAK akan  bekerjasama untuk melakukan kegiatan eksporasi dan eksploitasi pertambangan batu bara yang akan beroperasi di wilayah hukum Republik Indonesia.
  2. Hal-hal yang mengatur kerjasama PARA PIHAK akan diatur tersendiri dalam bentuk perjanjian-perjanjian (agreements) tertulis yang akan dibuat dikemudian hari dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Nota Kesepakatan ini.

PASAL II

Jangka Waktu

Kesepakatan bersama ini berlaku sejak tanggal ditandatanganinya Nota Kesepakatan ini dan berakhir pada saat dibuatnya perjanjian-perjanjian (agreements) diantara PARA PIHAK yang mengatur khusus tentang perjanjian kerjasama diantara PARA PIHAK.

PASAL III

Lain-lain

  1. Bilamana terdapat perselisihan sebagai akibat adanya Nota Kesepakatan ini, maka para pihak sepakat untuk menyelesaikannya secara musyawarah untuk mufakat;
  2. Jika Musyawarah untuk mufakat tidak tercapai maka para pihak sepakat untuk menempuh jalur hukum melalui Arbitrase Indonesia

Demikian Nota Kesepakatan ini, ditandatangani oleh pihak-pihak yang berwenang, dibuat dalam rangkap 2(dua) yang masing-masing mempunyai kekuatan pembuktian yang sama, bermaterei cukup, tanpa adanya paksaan dan atau tekanan dari siapun dan dari pihak manapun.

 

 

 

 

 

 

 

PT. XX                                       PT. YY

Sumber: Pengacara Online

About these ads

Tentang saepudin

Anda boleh mempublikasikan kembali tulisan di atas pada website atau blog dengan catatan : 1. Anda harus mencantumkan sumber tulisan dengan link aktif menuju https://saepudinonline.wordpress.com 2. Anda tidak mengubah baik sebagian atau pun keseluruhan tulisan TERMASUK SEMUA LINK YANG ADA DI DALAM ARTIKEL harus tetap ada dan aktif. Mari kita saling menghargai sebuah karya... Terima kasih atas kunjungannya. Mohon beri komentar atau saran untuk menyempurnakan website ini. Salam sukses selalu..
Tulisan ini dipublikasikan di Contoh MoU. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s