Waktu Terbaik Memulai Usaha

Sebagian besar dari kita bertanya-tanya, kapankah waktu yang tepat untuk memulai usaha? Waktu terbaik untuk memulai usaha adalah “lima tahun yang lalu”, sehingga sekarang sudah merasakan manfaatnya, namun waktu terbaik kedua adalah dimulai dari sekarang.

Mendengar kata sekarang, terlintas di benak kita bahwa hal yang diperlukan pada awal mendirikan usaha adalah modal, terutama modal Uang. Namun apakah uang tersebut sudah ada saat “sekarang” ini? Jika tidak, maka Anda harus mempersiapkan usaha Anda “sekarang” diawali dengan:

1. Buatlah tujuan
Tujuan ini membantu Anda untuk dapat menemukan apa yang ingin Anda raih dalam menjalankan Usaha. Tujuan yang baik maka akan membawa Anda menjadi pengusaha yang sukses. Jika tujuan Anda hanya kekayaan, kekuasaan, dan seolah-olah nantinya akan menjadi bos, kemungkinan hal ini akan menjadi kegagalan hidup Anda. Tujuan yang mulia akan membawa manfaat yang positif untuk diri sendiri dan lingkungan sekitar.

2. Tulis semua ide usaha
Ide justru datang saat kita tidak memikirkan sebuah ide. Cepatlah tulis ketika ide usaha itu datang. Tapi ingat, beri batasan waktu untuk menuliskan ide-ide usaha. Ide dikatakan sukses bila direalisasikan.

3. Sortir ide usaha
Sortir ide-ide tersebut ke dalam ranking dimana anda bisa mewujudkannya dalam waktu dekat, atau jauh. Kesuksesan itu datang ketika usaha kita untuk mewujudkannya secara terus menerus, tak mengenal menyerah. Pilih satu dahulu ide untuk usaha itu diwujudkan.

4. Susun action plan
Mulai susun segala macam detail untuk membangun usaha. Rancang target dan strategi dengan rentang waktu yang Anda inginkan sendiri. Sehingga hal ini akan membantu Anda untuk dapat menelusuri seberapa besar kegigihan Anda untuk membangun usaha itu.

5. Mulailah bergerak
Ketika ide sudah ada, perencanaan sudah disusun, maka mulailah usaha anda sekarang juga. Lakukan action plan yang sudah Anda susun. Bila mengalami kegagalan atau kesulitan, jangan pernah menyerah, ulangi dari awal, mulai dari revisi tujuan Anda untuk menjadi pengusaha, dan mengapa anda harus jadi pengusaha. (Pusatukm.com)

About these ads

Tentang saepudin

Anda boleh mempublikasikan kembali tulisan di atas pada website atau blog dengan catatan : 1. Anda harus mencantumkan sumber tulisan dengan link aktif menuju http://saepudinonline.wordpress.com 2. Anda tidak mengubah baik sebagian atau pun keseluruhan tulisan TERMASUK SEMUA LINK YANG ADA DI DALAM ARTIKEL harus tetap ada dan aktif. Mari kita saling menghargai sebuah karya... Terima kasih atas kunjungannya. Mohon beri komentar atau saran untuk menyempurnakan website ini. Salam sukses selalu..
Tulisan ini dipublikasikan di Tips Bisnis, Tips dan Trik, UMKM dan tag , , . Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s