Tips Persiapan Memulai Usaha Baru (Bag.1)

Setiap orang selalu mengimpikan kehidupan yang lebih baik, dan hal tersebut dilakukan  dengan  bermacam-macam cara, seperti mencari pekerjaan atau menjadi karyawan suatu perusahaan, menjadi pedagang ataupun wirausaha. Jika pilihan kita jatuh pada karyawan banyak sekali keterbatasan yang kita hadapi seperti lowongan yang tersedia, bidang  yang sesuai dengan keahlian yang kita miliki, batasan usia ketika kita mengajukan  diri menjadi karyawa suatu perusahaan dsb.  Namun apabila pilihan kita jatuh pada berdagang ataupun wirausaha, maka di hadapan kita terbentang pilihan yang sangat luas dan beragam, tinggal kita harus jeli memilih bidang mana dan kesiapan apa yang kita miliki sebelum menjatuhkan pilihan pada satu bidang. Selanjutnya kita akan bahas lebih lanjut mengenai dunia wirausaha.

Apabila dilihat dari sisi alasan/pendorong seorang wirausahawan merintis usaha baru, maka kita akan mendapatkan jawaban yang sangat beragam. Koratko & Hodgetts (2007) mengungkapkan, berdasarkan salah satu studi ditemukan ada tujuh alasan seorang wirausahawan memulai/membuka usaha baru, yaitu :

  1. Kebutuhan akan pengakuan diri
  2. Kebutuhan untuk kebebasan
  3. Kebutuhan pengembangan diri dan kepribadian
  4. Keamanan dan pengembangan asset (philanthropic)
  5. Persepsi kemakmuran (perception of wealth)
  6. Pengurangan pajak
  7. Mengikuti mental model

Dan setiap orang sah-sah saja memiliki alasan yang berbeda dalam hal  alasan yang melatarbelakangi seseorang berwirausaha.  Namun demikian dari setiap latar belakang  yang beragam perlu ditekankan bahwa dalam merintis usaha baru dibutuhkan komitmen tinggi, waktu, tenaga dan biaya. Pengerjaan dan persiapan yang asal-asalan atau setengah hati tidak akan menjadikan suatu usaha berhasil. Satu hal yang perlu dicermati lagi, evaluasi terhadap internal dan eksternal sangat menentukan keberhasilan usaha baru. Berikut beberapa elemen yang mempengaruhi kinerja usaha baru (new star-up venture) atau fakto-faktor penentu berhasilnya usaha baru adalah sebagai berikut:

  • Karakteristik wirausahawan
  • Proses pendirian
  • Lingkungan
  • Karakteritik jenis usaha

Masing-masing elemen saling terkait dan memiliki pengaruh yang  besar dalam keberhasilan  dan berkembangnya suatu usaha. (binaukm.com)

About these ads

Tentang saepudin

Anda boleh mempublikasikan kembali tulisan di atas pada website atau blog dengan catatan : 1. Anda harus mencantumkan sumber tulisan dengan link aktif menuju http://saepudinonline.wordpress.com 2. Anda tidak mengubah baik sebagian atau pun keseluruhan tulisan TERMASUK SEMUA LINK YANG ADA DI DALAM ARTIKEL harus tetap ada dan aktif. Mari kita saling menghargai sebuah karya... Terima kasih atas kunjungannya. Mohon beri komentar atau saran untuk menyempurnakan website ini. Salam sukses selalu..
Tulisan ini dipublikasikan di Tips Bisnis, Tips dan Trik dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s